ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mapel Bahasa Inggris, khususnya pada aspek pemahaman siswa siswi pada pelajaran Bahasa Inggris. Bahasa Inggris bagi sebagian besar siswa adalah mata pelajaran yang tidak disukai . Hasil survei sederhana yang dilakukan peneliti setiap awal tahun, jika ada pertanyaan mata pelajaran apa yang disukai siswa, maka jawabannya hampir 70 % siswa menjawab selain mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa seharihari, sesuai dengan konteks penggunaannya. yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan menggunakan metode problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan padabulan September sampai November 2019, bertempat di kelas VII SMPN 4 Madapangga Kabupaten Bima. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode problem based learning tejadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 14 siswa atau 46.66 %, nilai tidak tuntas pada siklus 1 adalah 16 siswa atau 53.33 %, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 24 siswa atau 80 % terjadi peningkatan 21.67 %. Disimpulkan bahwa metode problem basewd learning dapat meningkatkan hasil belajar mapel Bahasa Inggris.
Kata kunci: Hasil belajar, memahami, metode problem based learning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar